Thursday, November 29, 2007

Safety First?

Separator busway koridor IX Pinang Ranti-Pluit di sepanjang Jl Gatot Subroto (Gatsu) tampak rendah, sehingga mudah dilindas maupun dilintasi pengendara. Tapi hati-hati! Ternyata separatornya berpaku.

Biasanya, separator busway yang menggunakan beton cukup tinggi sekitar 20-25 cm sehingga terlihat oleh pengendara. Nah, separator yang berada di Jl Gatot Subroto, tepatnya di depan Gedung DPR, beton separator hanya setinggi sekitar 10 cm.

Kalau meleng, pengendara bisa saja tidak waspada terhadap separator tipis ini. Padahal kalau sampai ban kendaraan melindas separator ini, dijamin tersangkut.

Sebab sejumlah besi mur dipasang berjejer dan menonjol pada beton separator. Kondisi ini tentu berbahaya bagi kendaraan bermotor yang melintasi jalur busway dan hendak keluar ke jalur arteri maupun sebaliknya.

"Kalau ban kendaraan kena, itu bisa robek dan bocor. Kalau dipaksakan, bisa timbul korban dan luka cukup parah," kata seorang pengojek yang biasa mangkal di Gedung DPR, Parno, Jakarta, Kamis (29/11/2007).

Menurut Parno, tonjolan paku dan mur yang ada di separator itu baru terlihat hari ini. Paku dan mur itu pun sangat berbahaya bagi kendaraan yang di jalur busway dan sulit untuk masuk ke jalur umum karena susunan betonnya begitu rapat.

"Kemarin belum ada. Mereka mengerjakannya tadi malam. Kalau siang berhenti kerja supaya nggak macet," ujarnya.

Sementara Jenna yang semalam melintasi depan Gedung DPR dengan mobil mengaku sempat kaget saat menyadari ada separator busway berpaku.

"Wah, nyaris ngelindes, soalnya separatornya tipis, nyaris nggak keliatan karena warnanya nggak mencolok. Untung saja nggak ngelindes, ternyata ada paku-pakunya berjejer. Kalau sampai kena, waduh apes banget, malam-malam pula soalnya," curhatnya.

Pantauan detikcom Kamis pukul 10.00 WIB, panjang besi mur yang menonjol itu sekitar 2 cm. Setiap 1 blok beton terdapat 3 besi mur. Banyaknya besi mur yang menonjol itu mulai dari separator Jl Gatot Subroto lewat Semanggi sampai di depan Gedung DPR.

Di sepanjang jalur busway pun tidak terdapat peringatan bagi kendaraan bermotor untuk berhati-hati masuk di jalur busway dan keluar dari separator. Sedangkan kendaraan bermotor masih bebas masuk melintasi jalur busway tersebut. Polisi pun tidak tampak di sepanjang jalur.

No comments: